Powered By Blogger

Jumat, 23 Juli 2010

BALITA IKUTI LOMBA PHBS

BERITA:



Hari/Tanggal: Sabtu, 03 Juli 2010

KanalMetro.com-Sekitar 1.000 balita di Kelurahan Durikosambi, Cengkareng, Jakarta Barat mengikuti lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kegiatan yang diselenggarakan RW Siaga 05, Durikosambi, Cengkareng, Jakarta Barat bekerja sama dengan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) itu bertujuan membiasakan perilaku hidup sehat sejak usia dini.

Ketua Pusat Informasi Kesehatan Keluarga (PIKK) RW Siaga 05 yang juga sebagai Ketua Panitia gelaran tersebut, Marhumah, menuturkan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya menyosialisasikan kepada masyarakat agar perilaku hidup bersih dan sehat bisa diterapkan sejak usia dini di lingkungan keluarga. "Secara umum, ini adalah salah satu upaya mengarahkan masyarakat mengubah perilaku hidup yang masih cenderung negatif dalam kehidupan sehari-hari, menjadi lebih baik dan positif sejak usia dini," kata Marhumah, Kamis (24/6).

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan di seluruh RW yang ada di Kelurahan Durikosambi. Dalam setiap RW, lomba PHBS ini diikuti sekitar 100 balita. "Kelurahan Durikosambi memiliki 11 RW. Nah, di seluruh RW ini kita adakan kegiatan lomba balita PHBS. Alhamdulillah, warga sangat antusias mengikuti kegiatan ini," kata Marhumah.Kegiatan berlangsung di berbagai tempat seperti di lapangan terbuka dengan menggunakan tenda, di sekolah, di sekretariat RW, dan tempat-tempat lain yang lokasinya disesuaikan dengan keadaan lingkungan serta fasilitasnya.

Acara yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak 20 Juni dan akan berakhir pada 1 Juli mendatang ini, mengajarkan dan menyosialisasikan para balita bagaimana cara mencuci tangan yang benar, membiasakan mencuci tangan dengan menggunakan sabun, serta aktivitas positif lainnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Marhumah berharap perilaku hidup masyarakat akan menjadi lebih baik dan lebih sehat sejak usia dini. "Ini juga sebagai momentum kesadaran bagi masyarakat, supaya bisa menerapkan kehidupan yang lebih bersih dan sehat," tambahnya. Selain itu, kegiatan ini juga akan mendorong optimalisasi pelayanan berbagai sarana kesehatan seperti posyandu, puskesmas, kampanye perilaku hidup bersih dan sehat, dan lain sebagainya. Setiap orang juga disarankan membuang air besar atau tinja di jamban (WC), mencuci tangan dengan sabun sebelum atau setelah melakukan aktivitas. Selain itu, diwajibkan pula meminum air bersih yang terlebih dahulu dimasak dan tidak lupa berolahraga.
sumber : http://www.kanalmetro.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar