Powered By Blogger

Minggu, 25 Juli 2010

Dokter: Jangan Mengeluh Agar Tetap Sehat

Rabu, 26 Maret 2008 19:20 WIB | Iptek | | Dibaca 823 kali
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Masyarakat Paliatif Indonesia Cabang Surabaya, dr Agus Ali Fauzi PGD Pall Med (ECU) mengemukakan, tips sehat dengan menyarankan agar manusia tidak mudah mengeluh atau sakit hati setiap menyikapi suatu peristiwa.

"Manusia bisa sehat dengan banyak bersyukur atas semua karuania yang diberikan Sang Pencipta. Jangan mudah marah, jangan mudah tersinggung, jangan mudah sakit hati dan jangan mudah mengeluh," katanya dalam cermah kesehatan di hadapan ribuan prajurit TNI AL di Kobangdikal Surabaya, Rabu.

Ceramah oleh dokter yang sehari-hari bertugas di RSU Dr Soetomo Surabaya untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW itu bertajuk, "Sehat, Ikhlas, Sukses dan Tip Menjalani Hidup".

Menurut dia, perilaku sehat dan ikhlas merupakan salah satu sisi yang telah di contohkan Muhammad sebagai nabi dan rasul terakhir utusan Allah yang membawa ajaran dengan konsep "rahmatan lil `aalamiin" atau menjadi rahmat bagi semua isi alam.

"Perbanyak senyum kemudian melakukan aktivitas dengan ikhlas. Jangan lupa juga berdoa dan banyak mendekatkan diri pada Tuhan. Itu semua menjadi resep mujarab untuk bisa hidup secara sehat," kata alumni Fakultas Kedokteran Unair tahun 1988 itu.

Selain bersikap sabar dalam menghadapi masalah, pria kelahiran Surabaya tahun 1963 itu, juga mengingatkan agar manusia melakukan olahraga teratur, makan cukup dengan gizi berimbang dan istirahat secukupnya.

Sementara Komandan Kobangdikal, Laksda TNI Edhi Nuswantoro meminta prajuritnya yang beragama Islam untuk berusaha meneladani sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW.

"Karena itu, peringatan maulid Nabi jangan hanya sekedar seremonial saja. Kita harus mampu mengambil hikmah dan manfaat serta mengingat kembali bahwa Nabi Muhammad diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak manusia dari dekadensi moral yang berdampak pada ketidakharmonisan hubungan antarmanusia serta kerusakan lingkungan," katanya.(*)

COPYRIGHT © 2008

Ikuti berita terkini di handphone anda http://m.antaranews.com
Simpan dan akses berita ini dari HP anda dengan kode QR dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar